Sabtu, 14 Januari 2012

'Pintar' Paket Instan

"...setidaknya di sini wajahnya pintar-pintar, tidak seperti penonton acara pagi itu.." [suara tawa yang palingan di-mix sama efek]

Itu kurang lebih sekilas kalimat yang saya dengar dari kilasan iklan program Stand Up Comedy Metro TV. Kalimat tersebut (kalo saya nggak salah lihat mukanya) diucapkan oleh Soleh Solihun, yang kalo saya nggak salah juga, dari majalah Rolling Stone. Saya asumsikan yang dimaksud 'acara pagi itu' adalah acara-acara musik semacam Dahsyat dan Inbox.

Oh poor you, orang-orang yang merasa pintar hanya karena mendengarkan The Smiths bukan Britney Spears, punya beralbum-album lagu Pink Floyd di laptopnya bukan Westlife, memakai kaos Belle and Sebastian bukan Justin Bieber, dan pergi menonton ERK bukan ST12.

Lagipula, tidakah kamu tahu penonton-penonton acara pagi itu dibayar? (CMIIW) Tidakkah kamu tahu bahwa mereka melakukan itu untuk cari uang? Mereka yang kausebut 'bodoh' atau 'tidak pintar' itu mungkin memang nggak ngerti siapa Morrissey karena memang nggak punya akses untuk tahu (dan nggak wajib fardhu ain juga kan ya). Jangkauan mereka mungkin memang sejauh Syahrini (dan nggak dosa juga loh). Mereka mungkin nggak punya akses internet supercepat seperti yang disediakan oleh papa-mamamu untuk tahu bahwa di negeri ini ada band-band lain di luar "acara pagi itu". Intinya, mereka nggak punya akses untuk menjadi 'pintar' versimu.

Tapi menurut pendapat saya, lawakan bilang mereka 'bodoh' sama sekali tidak menggelitik dan bikin saya ingin ketawa. Lawakan itu nggak lebih baik dari lawakan menghina fisik ala Tukul. Fenomenanya sekarang yang saya tangkap, orang-orang yang suka atau pura-pura suka standupcomedy itu punya pride lebih karena nggak suka Opera van Java dan merasa lebih pintar. Masalahnya, orang-orang kok merasa pintar hanya karena suka sesuatu padahal mereka sama sekali bukan kreatornya juga? Image 'pintar' paket instan.

Akhir kata, Sule (yang mungkin menurut kalian para 'orang pintar' kampungan) jauuuuuh lebih lucu buat saya. Yah, kalau menurut ukuran 'pintar' kalian saya 'bodoh' karena suka Sule, who cares? I don't need people to say that I'm smart just because I like that 'superfuckingsmart' stand up comedy.


#5 dari 365 di 2012

3 komentar:

Andina Auria mengatakan...

+1 untuk Sule!

Ramadhona Saville mengatakan...

haha, gue juga suka sule faan, somehow mirip gina hahaha

nur fajriana wahyu ardiani mengatakan...

+ 1 juta .....