Kamis, 27 Januari 2011

Lagu dan Anak-Anaknya

Biasanya kalo saya suka satu lagu, saya suka cari-cari cover version-nya. Kalo yang nyanyiin ulangnya terkenal, gampang dicari. Tapi kalo yang nyanyiin ulang nggak terkenal, jaman sekarang udah numplek di youtube, banyak yang bagus (yang nggak bagus juga nggak mau kalah banyaknya). Asal koneksi lagi cihuy aja. Kadang ada juga lagu yang saya suka karena cover version-nya, padahal lagu originalnya nggak suka. Hmm.. mungkin lagu-lagu yang dinyanyiin ulang ini kayak orang yang didandanin ulang. Misalnya yang rambutnya lurus dikeriting atau sebaliknya, gincu merah diubah jadi gincu item, bedaknya ada yang ditebelin atau ditipisin atau jadi nggak pake bedak, yang matanya polos ditambahin eyeliner, maskara, sama eyeshadow, bahkan pake softlens, gaunnya dirobek-robek, ditelanjangin, atau malah dipakein jilbab. Ngomong apa ini!!?

Contohnya lagu Creep. Lagu yang umurnya 4 tahun lebih muda dari saya ini tadi saya cari ulang di dokumen laptop dan nemu 6 versi anaknya.

1. Versi sesama band Inggris, Muse. Ini termasuk versi yang lebih sederhana make up-nya (cuma pake gitar tok) tapi lebih emosian vokalnya, si Matthew Bellamy nyanyinya berdesah-desah dan kayak lebih berkeringat dibanding Thom Yorke. Versi ini kayak cowok yang tadinya bergaya Britpop (jins, kaos, kemeja flannel) diubah jadi nggak pake baju, cuma pake jins. Kalo saya lebih suka versi asli dibanding yang ini.

2. Versinya Prince. Saya nggak ngikutin musiknya Prince, tapi menurut saya versi ini rada bosenin. Dan karena ini versi live, jadi ada tambahan berisik suara penonton sorak-sorak. Tapi kalo mau konsisten sama analogi orang yang didandanin ulang tadi, mungkin kalo versi Radiohead gincunya merah, versi ini gincunya ungu keitem-iteman kali yah.

3. Versi musisi dan DJ Amrik, Moby. Nah ini yang namanya versi tambah menor. Ini juga versi live. Selain full-band, juga ada tambahan musik elektroniknya, yah dia kan DJ. Jadi ini ibarat cowok dengan gaya Britpop yang dipakein jaket kulit, topi, sama kalung.

4. Versi Ingrid Michaelson. Di versi ini, anggaplah si cowok tadi operasi kelamin jadi cewek, terus si cewek ini pake dress katun putih, flat shoes, blush on dan eyeliner tipis, rambut diiket asal. Musiknya cuma gitar, sebenernya instrumen utamanya yah suaranya Ingrid yang kayak sambil niup balon pas nyanyi.

5. Versi koor, grup Scala & Kolacny Brothers. Ini lagu yang ada di trailer-nya The Social Networks. Dari suaranya sih kayak koor anak-anak. Cuma pake piano sama gitar elektrik tipis banget di belakang. Ini versi yang dipakein jilbab kali yah? hehe

6. Kayaknya ini versi yang terbaru, versinya Eliza Doolittle. Si cowok tadi di sini berubah jadi cewek Inggris muda yang suka pake mini-dress atau celana pendek+sneaker dengan nyaman kemana-mana. Selama setengah lagu, isinya cuma vokalnya Eliza sama dikit banget iringan bass gede yang berdiri itu apa namanya yah. Barulah di sisanya ada tambahan perkusi sama gitar. Ini versi favorit saya karena lagi suka-sukanya aja sama Eliza Doolittle, hehe.

Sekian ceracau musik alakadarnya saya.


#17 dari 365 di 2011

Tidak ada komentar: