Selasa, 17 Maret 2009

Digital Tidak Digital

Salah satu dosen saya bilang sudah saatnya kita beralih ke segala hal yang digital, yang elektronik. Misalnya, dimulai dari bahan-bahan kuliahnya yang semuanya berbentuk digital (non kertas). Bahkan dia juga bilang seharusnya sudah nggak ada lagi catat-mencatat di atas kertas. Digital lah! Mungkin maksud sang dosen kita nyatetnya di notebook, dll.
Sesaat saya mikir "ya..bener juga! Bisa ngurangin pemakaian kertas yang artinya juga menghemat penggunaan produk hutan."

TAPI.........

Di saat terjadi pemadamam listrik yang cukup lama di minggu UTS ini (kalo ga salah se-Jabodetabek, malah Bandung juga katanya)...

CUHHH....
Bahan-bahan kuliah saya (khususnya mata kuliah tersebut) yang berbentuk digital semua tidak bisa dibaca sebelum listrik nyala lagi. Bahkan kalo pun bisa pake laptop, tetep aja nggak lama si laptop bakal nagih di-charge, yang artinya tetep butuh listrik bukan!?
Atau kalo pun pake HP nan canggih yang ada program Word atau Adobe Reader-nya, tetep aja butuh di-charge juga, yang mana berarti...tetep butuh listrik, kawan-kawan!

Ya ya ya...
Bukannya mau nyalahin pak dosen sih. Tapi ternyata peralihan punya konsekuensi, punya syarat-syarat yang harus dipenuhi, butuh adaptasi.

Jadi toh nyatet ala konvensional (di kertas) tetep berguna kan... karena nggak harus pake aliran listrik untuk bisa dibaca...hihi!

7 komentar:

belo mengatakan...

mungkin si dosen lagi make belief kita ini ada di eropa ato semacemnya. digital = konstruksi lain aja

Punkitubella mengatakan...

hihihi..namanya juga usaha -__-!

wekekekekekek...

rinaldi mengatakan...

Yea another technological determinism, kan?

Penari Jari mengatakan...

@belo: haha bener.. dia kira indonesia udah semaju itu kali yaa

@fabel: boleh lah usaha... asal tau sikon,hihi

@inal: lu lebih tau lah nal..;p

raisaraisa mengatakan...

benerrr fan!!! pas mati listrik kemaren gw kelabakan gr2 data2 gw ada di pc, mana laptop pun cuma bertahan sejam..

Keishka mengatakan...

digital stuffs need electricity. electricity emits carbon. carbon causes global waming. hehe skaliaan promo earth hour tgl 28 pukul 20.30-21.30 :D

Penari Jari mengatakan...

@ raisa: hahaa senasib!

@keishka: setuju.. ;)