Sabtu, 24 Mei 2008

Antara Freddie Mercury dan Mika

"Sejarah akan selalu terulang"

Benarkah???

Katanya kejadian-kejadian di masa lampau akan terulang lagi pada masa-masa berikutnya. Yah mungkin dengan format yang agak berbeda tentunya, disesuaikan dengan jamannya. Entahlah... Tapi kalaupun benar, yang saya harap sejarah yang terulang merupakan kejadian yang bagus-bagus saja lah. Misalnya masa ketika Indonesia berada di posisi paling baik dalam bidang ekonomi maupun politik (waktunya saya lupa tuh kapan), atau masa ketika saya menjadi anak terpintar di kelas (tampak bohong ya...), apa pun lah yang penting yang bagus-bagus. Mengenai quote di atas saya belum punya bukti kebenarannya.

Tapi...paling tidak kata-kata tersebut bisa jadi benar jika kita lihat penyanyi baru asal Inggris, MIKA. Yapp..i really love this guy even people say that he is a gay. Lagu-lagunya bermutu, sangat menghibur dan suaranya khas. Diantaranya Love Today, Grace Kelly, dan Lollypop. Gaya dan bahasa tubuhnya juga terkesan agak feminin. Yang paling penting dari semuanya adalah...penyanyi yang bernama asli Mica Penniman ini mengingatkan saya akan idola saya juga yang sudah almarhum yaitu, Freddie Mercury. Vokalis Queen yang meninggal karena mengidap AIDS. Freddie dan Mika menurut saya sangat mirip dari berbagai segi. Pertama dari segi fisik. Gaya dan bahasa tubuhnya dalam aksi panggung memiliki soul yang sama. Dengan gaya yang terkadang terkesan androgini atau pun feminin, serta meliukan tubuhnya. Mereka berdua sama-sama memiliki darah Timur Tengah, Freddie berdarah Persia (Zanzibar) sedangkan Mika berdarah Lebanon. Keduanya sama-sama merupakan imigran yang datang ke Inggris. Lalu, warna vokal mereka. Suara dan lagu-lagu yang memiliki range nada begitu beragam menjadi salah satu ciri khas mereka (contohnya Mika di lagu Grace Kelly dan Freddie di laguDon't Stop Me Now dan Bohemian Rhapsody). Intinya, mereka sama-sama memiliki musik yang good quality. Selain bernyanyi, keduanya pun sama-sama memainkan alat musik yang sama, yaitu piano.

Selain masalah musik, baik Freddie maupun Mika dibicarakan publik sebagai lelaki yang memiliki kecenderungan seksual (sex oriented) yang agak berbeda. Freddie disebut-sebut sebagai biseksual, sedangkan Mika, seperti telah saya sebut di awal, gay. Well...not really our business, actually.

Dan...persamaan terpenting yang melatarbelakangi terciptanya tulisan ini adalah.....both of them're my favorite musicians!!!

Ada persamaan, tentunya ada perbedaan. Dari segi musik, perbedaanya adalah Freddie yang bernama asli Farrokh Bulsara ini tergabung dan melahirkan musik-musiknya bersama band-nya, yaitu Queen. Sedangkan Mika menghadirkan musiknya sebagai seorang penyanyi solo. Di samping sebagian jenis musik yang agak berbeda (Freddie cenderung rock dan Mika agak-agak nge-disco campur opera). Di luar masalah musik, fakta yang ada adalah dalam bahasa Inggris kita akan menuliskan "Freddie was singing" untuk Freddie dan "Mika is singing" untuk Mika. Maksudnya, Freddie sudah almarhum sedangkan Mika masih hidup. Semasa hidupnya Freddie mengidap AIDS yang menyebabkan penyakit pernafasan yang membawanya ke kematian, dan semoga saja sejarah yang buruk ini tidak akan terulang.

"I try to be like Grace Kelly

But all her looks were too sad

So I try a little Freddie

Ive gone identity mad!"

(Grace Kelly - Mika)

Tidak ada komentar: